METODE PEMBELAJARAN


        Dalam rangka mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional termasuk harapan  yang paling gress pada dunia pendidikan adalah " Pendidikan Karakter "yang diberikan disekolah-sekolah atau Proses pembelajaran yang berkarakter melalui Proses pembelajaran semua mata pelajaran yang dapat menghasilkan lulusan yang punya karakter bangsa. Menurut Direktur Pendidikan Karakter ( Prof.Dr.Doni Koesoema A ) ada 12 pilar utama pendidikan karakter :  1. Penghargaan terhadap tubuh 2. transendental 3. Keunggulan akademik 4. Penfhargaan diri 5. Keberanian 6. Cinta kebenaran 7. Terampil 8. Demokrasi 9. Menghargai perbedaan 10. Tanggung jawab 11. Keadilan 12. Integritas moral .




Uraian lebih luas di www.pendidikankarakter.0rg.
          Pendidikan Karakter berupa mata pelajaran sendiri dan  atau Pendidikan karakter yang melebur pada semua mata pelajaran  adalah sama saja , tapi yang terpenting untuk mencapai tujuan pendidikan karakter , dunia pendidikan menurut saya harus memenuhi beberapa unsur pendukung, yaitu : Sarana dan prasarana yang berkarakter - Guru ( Pendidik ) yang berkarakter - Proses pembelajaran yang berkarakter ( bahan ajar yang berkarakter : SK/KD-Silabus-RPP yang berkarakter ). Banyak guru yang bingung apa sih yang disebut dengan RPP yang berkarakter , apa  rencana pembelajaran yang harus ada materi karakternya atau bagaimana ????? . Saya coba membantu menjelaskan mungkin benar atau mungkin guru-guru tambah bingung ..!!! Rpp yang berkarakter adalah sebuah rencana pembelajaran yang proses kegiatan pembelajarannya " memanusiakan siswa " artinya siswa adalah manusia yang mempunyai karakt er. 
          Dalam praktiknya yaitu konsep pembelajaran yang berpusat pada siswa ( student centred) tepatnya dengan model pembelajaran terbaru " PAKEM". jika disederhanakan Rpp yang berkarakter adalah Kegiatan pembelajaran yang mengunakan fariasi metode pembelajaran , bila selama ini metode pembelajaran hanya dengan Ceramah-Tanyajawab-diskusi dapatlah dikembangkan dengan metode-metode yang lebih kreatif dan inovatif . diantaranya : 1. Metode Information search. 2. Metodecard sord . 3. metode the power of two. 4. Snow balling .5.Poster comment. 6. Team quiz 7. Index card math ( kartu pasangan) 8. every one is a teacher here. 9. role play. 10. Jingsaw learning . 11. poster session 12. billboard rangking 13. critical insident 14. active debate 15. Metode STAD 16. Picture and picture 17. cooperative script 18. Mind mapping .19. make a match . dan lainnya ( Metode yang muncul dari kreatifitas guru ).